Minggu, 14 Oktober 2012

Makanan Sehat bagi Tubuh

Makanan Sehat
 
Makanan tubuh yang baik bukan hanya makanan yang memenuhi gizi
Vegetarian
Lepas dari masalah halal atau tidak, ada pendapat bahwa manusia lebih baik hidup secara vegetarian. Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa manusia memiliki organ organ tubuh yang khusus dengan fungsi dan proses yang bekerja menurut hukum-hukum alam tertentu. Hukum alam ini, jika dituruti, akan membuat tubuh menjadi sehat dan bekerja dalam tingkat yang normal.

Menyimpang dari hukum alam ini bisa memberikan pengaruh yang merusak tubuh manusia. Karena menurut ilmu pengetahuan, manusia diciptakan untuk menjadi vegetarian. Ada perbedaan antara herbivora (binatang pemakan tanaman) dan karnivora (binatang pemakan daging), misalnya:

MULUT
Mulut manusia terbuka kecil, sedangkan binatang pemakan daging mempunyai mulut yang terbuka lebar sehingga segumpal besar daging bisa masuk ke dalam mulut.

SUSUNAN GIGI
Manusia mempunyai gigi seri yang memotong tajam dengan gigi geraham yang datar atau rata digunakan untuk mengunyah makanan sama seperti hewan herbivora (pemakan tanaman). Sedangkan pemakan daging (karnivora) mempunyai gigi taring yang panjang, kuat dan tajam untuk merebut dan merobek-robek daging.

GERAKAN RAHANG
Gerakan rahang pemakan daging searah buka dan tutup saja. Sementara binatang pemakan tanaman mempunyai tiga gerakan rahang yang berbeda, vertikal atau ke atas dan ke bawah ke samping, atau ke sisi-sisi, ke depan dan ke belakang seperti manusia.

USUS
Pemakan daging memiliki perut yang sederhana, usus kecil yang pendek, dan usus besar yang sangat pendek, lurus dan licin. Di pihak lain, pemakan tanaman mempunyai kapasitas perut yang lebih besar dengan bagian-bagiannya yang seringkali rumit. Misalnya perut ternak piaraan seperti sapi yang berlipat-lipat ganda. Usus kecilnya sangat panjang dan usus besarnya pa njang dan licin. Usus manusia tidak berbentuk seperti para pemakan daging.

JALUR KERINGAT
Pemakan tanaman berkeringat melalui kulit sama seperti manusia. Sedangkan hewan pemakan daging berkeringat melalui mulut. Ludah manusia mengandung enzim ptilin, sama seperti hewan pemakan tanaman, yang digunakan untuk mencerna tepung, tajin.

Manusia meminum air dengan mengisap atau menyedot seperti pemakan tanaman. Sedangkan semua hewan pemakan daging menghirup dengan lidah mereka. Garam empedu manusia seperti hewan pemakan tanaman, bukan seperti pemakan daging.

Mencegah Penyakit
Karena manusia dirancang bukan untuk memakan daging, tidak heran bila banyak penyakit menakutkan timbul akibat memakan daging, termasuk didalamnya kanker, penyakit jantung kardiovakular dan cerebrovaskular.

Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa makanan vegetarian bisa mencegah penyakit penyakit seperti serangan jantung, stroke, darah tinggi, dan sebagainya. Pada tahun 1961, majalah “ Journal of American Medical Association ” menyatakan: “Makanan vegetarian bisa mencegah 97% dari penyumbatan urat nadi jantung.”

“Kurangi lemak sampai 30% dari total kalori”. Lalu, “tingkatkan makanan berserat sampai 20-30 gram perhari, dengan batas paling banyak 35 gram”. Pada intinya, makan lebih banyak buah, sayur-sayuran, dan kacang kacangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar